Audiensi Dengan Pemerintah Daerah Kabupaten OKU Selatan
2 Oktober 2021 09:32
Berita Aktual

Pada tanggal 23 September 2021, Kepala Balai Besar POM di Palembang, Bapak Drs. Martin Suhendri, Apt., M.Farm berkesempatan bertemu langsung dengan Bupati Kabupaten OKU Selatan, Bapak Popo Ali Martopo, B.Com bertempat di Ruang Rapat Terbatas Bupati OKU Selatan. Bupati OKU Selatan, Bapak Popo Ali Martopo, B.Com menyambut baik keinginan audiensi Bapak Drs. Martin Suhendri, Apt., M.Farm selaku Kepala BBPOM di Palembang. Audiensi ini dipandu oleh Sekretaris Daerah Kab. OKUS, yaitu Bapak H. Romzi, S.E., M.M dan dihadiri oleh Organisasi Perangkat Daerah, diantaranya adalah Asisten 1, Asisten 3, Dinas Kesehatan, Dinas Perdagangan, Dinas Kesehatan, Dinas Kominfo, Dinas Perikanan, Disperindag, Dinas Pendidikan dan Kapolres Kab. OKU Selatan.

 

Pada kesempatan ini, Bupati OKUS menyampaikan bahwa di OKU Selatan belum memiliki industri berskala besar dan baru memiliki 1 UMKM yang berskala mikro. Oleh karena itu, beliau mengharapkan sinergi bersama BBPOM di Palembang untuk memajukan UMKM di Kab. OKUS dan memberikan kepastian informasi dan keamanan terkait obat dan makanan yang beredar di OKU Selatan sebagai upaya melindungi masyarakat OKU Selatan      .

 

Menanggapi hal tersebut, Kepala BBPOM di Palembang, Bapak Drs, Martin Suhendri mepaparkan tentang perlunya rencana aksi yang harus dilaksanakan bersama, yaitu pembentukan Jejaring Pengawasan Obat dan Makanan di Kabupaten OKU Selatan. Serta pemaparan Permendagri No. 41 tahun 2018 tentang Peningkatan Koordinasi Pembinaan dan Pengawasan Obat dan Makanan di Daerah. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan terkait Dana Alokasi Khusus, yang sudah dilaksanakan oleh Dinkes OKU Selatan yang mengalami kendala terkait adanya refocusing / penyesuaian anggaran.

 

Pada sesi diskusi, dalam kesempatan ini Kapolres OKU Selatan, AKBP Indra Arya Yudha, S.H., S.I.K., M.H menyampaikan dalam penegakan hukum tidak bisa dilakukan secara sporadic, perlu dilakukan pendalaman informasi dan jangan sampai membahayakan petugas. Sehingga penting sekali untuk selalu bersinergi antar-instansi demi mewujudkan penegakan hukum yang tepat.


Bapak Bupati OKUS menyambut positif setiap saran dari Kepala BBPOM di Palembang tersebut dan akan menginstruksikan kepada seluruh OPD terkait untuk dapat mendukung dan bersinergi dengan BBPOM Palembang. Pemerintah Kab. OKUS melalui Bupati Kab. OKUS menyampaikan komitmennya dalam mendukung BBPOM di Palembang untuk mewujudkan hal tersebut.

Balai Besar POM di Palembang