Kampanye Pasar Aman dari Bahan Berbahaya
1 November 2021 11:08
Berita Aktual

Pada hari selasa, 12 Oktober 2021, Tim Balai Besar POM di Palembang kembali turun ke Pasar untuk melaksanakan kegiatan Kampanye Pasar dalam rangka Pasar Aman dari Bahan Berbahaya di Pasar Padang Selasa dan Pasar Sekip Ujung Palembang. Sebanyak 10 orang petugas melakukan kampanye dengan berkeliling pasar dan menyampaikan pesan-pesan keamanan pangan dengan menggunakan pengeras suara. Selain itu, tim Balai Besar POM di Palembang juga membawa spanduk dan poster yang berisikan pesan-pesan keamanan pangan. Petugas juga membagikan leaflet kepada pedagang dan pembeli yang saat itu berada di dalam pasar tradisional.

Dalam kampanye tersebut, tim BBPOM di Palembang kembali mengingatkan akan keberadaan bucu pasar yang mengakomodir pengujian gratis bagi masyarakat yang ingin mengujikan pangan yang dicurigai mengandung Bahan Berbahaya menggunakan rapid test kit. Selain itu petugas juga tidak lupa untuk mengingatkan pedagang dan pembeli untuk selalu melakukan Cek KLIK berupa Cek Kemasan, Cek Label, Cek Ijin Edar dan Cek Kedaluwarsa Produk.

Dilakukan edukasi pada para pedagang terkait keamanan pangan dan tetap melakukan sampling dan pengujian oleh petugas pasar apabila terdapat sampel yang diduga mengandung Bahan Berbahaya. Selain itu, pedagang juga disarankan untuk menjaga higienitas dan sanitasi serta tetap menjalankan protokol kesehatan selama berjualan.

Balai Besar POM di Palembang