Operasi Penindakan Pangan Olahan Mengandung Bahan Berbahaya oleh BBPOM di Palembang
22 April 2022 14:41
Berita Aktual

Dalam rangka menjamin peredaran pangan yang aman, bermutu, dan bergizi, pada hari Kamis, tanggal 21 April 2022, Balai Besar POM di Palembang bersama tim gabungan Polda Sumatera Selatan dan Satpol PP Provinsi Sumatera Selatan melakukan operasi penindakan di Kabupaten Ogan Ilir sebagai bentuk tindak lanjut atas adanya temuan dan laporan masyarakat terkait peredaran pangan olahan yang diduga mengandung bahan berbahaya (formalin).

Dari hasil operasi, ditemukan produk pangan olahan (mie kuning basah) yang diduga mengandung bahan berbahaya dan siap didistribusikan sebanyak lebih kurang 330 kg. Informasi yang diperoleh dari pihak pemilik sarana, pembeli datang ke pabrik untuk membeli produk pangan olahan tersebut dan mendistribusikannya ke Kayu Agung dan Tanjung Raja. Peredaran pangan olahan mengandung bahan berbahaya yang dilakukan tersebut dapat merugikan kesehatan masyarakat.

Demi melindungi masyarakat terhadap obat dan makanan yang beresiko terhadap kesehatan, BBPOM di Palembang senantiasa melakukan pengawasan berupa pemeriksaan rutin dan pembinaan terhadap sarana produksi dan distribusi di wilayah Sumatera Selatan, dan juga melakukan penindakan bagi pelaku kejahatan di bidang obat dan makanan sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

Balai Besar POM di Palembang