Audiensi Kepala Balai Besar POM di Palembang ke Kab. Pali
20 Juni 2022 12:09
Berita Aktual

Rabu (15/6/2022) Kepala BBPOM di Palembang melakukan kunjungan dalam rangka audiensi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Pali yang diterima oleh Sekretaris Daerah Kab. Pali Kartika Yanti,SH.,MH dan pimpinan OPD terkait yang tergabung dalam Tim Koordinasi Pembinaan dan Pengawasan Obat dan Makanan .

Drs.Zulkifli,Apt selaku Kepala BBPOM di Palembang memaparkan program-program BBPOM Palembang yang sudah dan telah dilaksanakan di Kabupaten Pali antara lain Desa Pangan Aman, Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas, Sekolah dengan PJAS Aman,serta menyampaikan hasil Pengawasan BBPOM Palembang selama ini di Kabupaten Pali yang berkaitan dengan penyalahgunaan obat batuk Komix. Pada hari ini dan besok BBPOM Palembang juga memberikan Bimtek Keamanan Pangan kepada IRTP,Pangan Siap Saji dalam rangka mendapatkan Sertifikat Penyuluhan Keamanan Pangan,sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan izin edar P-IRT serta Sertifikat Higienis Sanitasi dari Dinas Kesehatan.

Pada sambutannya Sekda Kab Pali mengucapkan terima kasih kepada BBPOM di Palembang atas perhatiannya kepada Kabupaten Pali sebagai Kabupaten termuda di Prov Sumatera Selatan terutama dalam pengawasan Obat dan Makanan. kami Pemda Kabupaten Pali sangat senang dan berterima kasih atas koordinasi dan diskusi mengenai pelaksanaan tugas-tugas Pengawasan Obat dan Makanan yang menjadi tugas kewenangan kami di daerah. Kepada OPD yang hadir pada Audiensi ini atau yang tergabung dalam Tim Terpadu Koordinasi Pembinaan dan Pengawasan Obat dan Makanan di Kabupaten Pali ibu Sekda menegaskan untuk dapat menindaklanjuti apa yang disampaikan oleh Kepala BBPOM di Palembang tadi  dalam rangka melindungi generasi muda kita dari penyalahgunaan obat atau makanan yang mengandung Bahan Berbahaya.dan Perlu dilakukan edukasi lebih intensif kepada masyarakat melalui berbagai media, terutama mengenai penggunaan Bahan Tambahan Pangan (BTP) dan penggunaan produk obat bebas terbatas.

Pada akhir diskusi Kepala BBPOM di Palembang menyampaikan terima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh Pemerintah Kab. Pali untuk berdiskusi.

Balai Besar POM di Palembang