Audiensi Pimpinan DPRD Kabupaten Bangka Barat Ke Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Palembang
17 November 2022 16:24
Berita Aktual

Pada hari Kamis, 17 November 2022 Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Palembang menerima kunjungan kerja Ketua DPRD Kabupaten Bangka Barat, Bapak Marudur Saragih, SE didampingi oleh 3 jajarannya. Rombongan disambut di ruang rapat pimpinan Balai Besar POM di Palembang oleh Kepala Balai Besar POM di Palembang Drs. Zulkifli, Apt. secara daring dengan didampingi oleh Koordinator dan Pejabat Fungsional Madya di lingkungan Balai Besar POM di Palembang.

Dalam sambutannya, Ketua DPRD menyampaikan tujuan dari kunjungan kerja yaitu untuk mengetahui peran Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan dalam melindungi masyarakat dari peredaran obat dan makanan yang berbahaya bagi kesehatan manusia, terkhusus terkait fenomena yang terjadi saat ini.

Kepala Balai memaparkan tugas dan fungsi dalam melindungi masyarakat Sumatera Selatan dari peredaran Obat dan Makanan yg beresiko terhadap Kesehatan, saat ini Balai Besar POM di Palembang mau menyelesaikan permasalahan produk TERASI yg mengandung Rhodamin B dimana produk ini erat sekali keterkaitannya dengan Bangka, dalam menyelasaikan masalah ini tentu perlu dukungan pemerintah daerah di Bangka, dan pada kesempatan itu juga Kepala Balai POM juga menyampaikan apa yang sudah dilakukan dalam melakukan pengawalan terhadap peredaran Sirup Obat yg terkontaminasi dengan EG dan DEG.

Saat ini Balai Besar POM di Palembang juga sedang melakukan intensifikasi pangan dengan tajuk “1.000 pempek” guna mendorong UMKM pempek meningkatkan produksinya menjadi pangan olahan pempek beku dengan tujuan Kota Palembang akan bisa mengekspor makanan khas untuk mewujudkan Pempek Mendunia.

Dalam Pengawasan Obat dan Makanan bukan hanya tugas BPOM, Pemerintah Daerah juga punya peranan sebagai mana yg diamanatkan dalam UU No 23 tahun 2014, Inpres No 3 tahun 2017 dan Permendagri no 41 tahun 2018. Pertemuan diakhiri dengan foto bersama.


Balai Besar POM di Palembang