Jejaring Perkuatan Laboratorium Se-Sumatera Selatan di Balai Besar POM di Palembang
24 November 2022 15:01
Berita Aktual

Guna meningkatkan dan memadukan kemampuan Laboratorium Pengujian di Sumatera Selatan berdasarkan ISO 17025:2017 dan untuk meningkatkan layanan pengujian kepada masyarakat, Balai Besar POM di Palembang mengadakan kegiatan Jejaring Perkuatan Laboratorium Se-Sumatera Selatan di Balai Besar POM di Palembang pada hari Kamis, tanggal 24 November 2022. Kegiatan Jejaring Perkuatan Laboratorium Se-Sumatera Selatan di Balai Besar POM di Palembang ini mengundang 1 orang dari 25 instansi yang memiliki laboratorium sebagai perwakilan baik itu dari instansi pusat, daerah, perusahaan swasta dan universitas.

Acara dibuka langsung oleh Drs. Zulkifli, Apt. selaku Kepala Balai Besar POM di Palembang. Beliau menyampaikan bahwa acara ini merupakan acara jejaring laboratorium pertama yang dilakukan Balai Besar POM di Palembang. Jejaring laboratorium ini bertujuan untuk melakukan sharing atau pengalaman atau pelatihan antar laboratorium se-Sumatera Selatan, agar melindungi masyarakat Sumatera Selatan terhadap pangan yang beredar.

Jejaring laboratorium hari ini dilanjutkan dengan materi pertama yang disampaikan oleh Kepala Balai Besar POM di Palembang yaitu Drs. Zulkifli, Apt., mengenai Jejaring Perkuatan Laboratorium Pengujian Obat dan Makanan se-Sumatera Selatan. Dilanjutkan oleh Leni Evayanti dari Balai Standarisasi dan Pelayanan Jasa Industri Palembang dengan materi Pengujian Obat dan Makanan pada BSPJI Kota Palembang. Materi terakhir disampaikan oleh Koordinator Kelompok Substansi Pengujian Palembang Sri Arini, S.Farm., Apt., M.Si. mengenai Pengujian Obat dan Makanan pada laboratorium BBPOM di Palembang.

Diakhir acara para peserta diberi kesempatan untuk melihat alat- alat Lab yg terdapat di Balai Besar POM Palembang, para peserta sangat puas dengan dilaksakan acara jejaring laboratorium ini semoga acara ini dapat dilaksanakan tiap tahun, dan laboratrium yang ada dapat melaksanakan fungsinya sesuai dengan tupoksinya masing-masing untuk menjamin produk yang beredar khususnya pangan aman, bermutu dan bermanfaat.

 

Balai Besar POM di Palembang