Food Security Kunjungan Kerja RI 3 dan RI 4 di Palembang
24 November 2022 15:08
Berita Aktual

Sebagaimana tugas dan fungsi Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Palembang dalam pengawasan obat dan makanan, pada hari Kamis 24 November 2022 tim dari Balai Besar POM di Palembang melaksanakan food security dalam rangka kunjungan Ibu Presiden Iriana Jokowi dan Ibu Wakil Presiden Ibu Wury Estu Handayani Ma''ruf Amin beserta Ibu-Ibu dari Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM)  ke Palembang.

Tim food security BBPOM Palembang dibagi menjadi 2 tim di 2 titik yaitu titik pertama berlokasi di Griya Agung dan titik kedua berlokasi di Rumah Makan Pondok Kelapa. Untuk food security di Griya Agung dilakukan pengujian 27 sampel dengan parameter uji Arsen, Nitrit, Sianida, Boraks dan Formalin. Dengan metode uji cepat didapatkan hasil 1 sampel diduga positif Arsen yaitu pada sampel cuka pempek dan 1 sampel diduga positif Nitrit pada sampel ubi ungu. Untuk sampel yang lain didapatkan hasil negatif di semua parameter uji tersebut.

Tim kedua melaksanakan food security di Pondok Kelapa menguji 38 sampel dengan parameter uji Arsen, Nitrit, Sianida dan Formalin. Didapatkan hasil 36 sampel memenuhi syarat dan 2 sampel diduga positif Arsen yaitu pada cuka pempek dan kacang bawang. Tim juga menguji oleh-oleh berupa pempek kulit dan cuka. Untuk cuka didapatkan hasil diduga positif Arsen. Dari hasil uji  tim food security menginfokan sampel-sampel yang diduga positif supaya tidak dihidangkan karena jika dikonsumsi bisa berdampak buruk terhadap kesehatan.

Balai Besar POM di Palembang berkomitmen untuk bersama-sama dengan lintas sektor terlibat aktif melakukan pengawalan keamanan pangan dalam rangka kunjungan Ibu Presiden, Ibu Wakil Presiden beserta rombongan ke Palembang.

 

 Balai Besar POM di Palembang