Kunjungan Kerja Anggota DPD Republik Indonesia ke BBPOM di Palembang
23 Desember 2022 13:42
Berita Aktual

BBPOM di Palembang menerima kunjungan kerja anggota DPR RI , pada Kamis 22 Desember 2022 di Aula BBPOM di Palembang. Kunjungan kerja ini dilakukan dalam rangka mendorong dan melakukan percepatan penyusunan dan pembahasan RUU tentang pengawasan obat dan makanan dalam prolegnas serta penguatan dan kedudukan BPOM RI.

Pertemuan ini dihadiri oleh Ibu Arniza Nilawati, S.E., MM selaku anggota DPD RI beserta tim. Turut hadir juga perwakilan dari puskesmas dan rumah sakit pemerintah, IAI Kota Palembang, serta GP Farmasi Provinsi Sumatera Selatan.

Acara dibuka langsung oleh Bapak Drs. Zulkifli, Apt. selaku Kepala BBPOM di Palembang. Pada sambutannya, beliau memaparkan bahwa dalam rangka menghadapi persaingan usaha pengembangan UMKM terkhusus di Palembang yaitu frozen food pempek, BBPOM di Palembang senantiasa fokus dan kosisten untuk memberikan bimbingan teknis maupun pendampingan kepada pelaku usaha. Selain itu, beliau juga menyampaikan mengenai permasalahan pada produk obat dan makanan yang beredar di Sumatera Selatan. Tidak hanya itu, beliau juga menyampaikan keresahan bahwa penyidik di Badan POM tidak memiliki kewenangan untuk melakukan penahanan terhadap tersangka pelaku kejahatan di bidang obat dan makanan. Harapannya, akan ada payung hukum/undang-undang untuk menyikapi hal tersebut.

Selanjutnya, Ibu Arniza Nilawati, S.E., MM selaku anggota DPD RI menanggapi terkait tugas pokok dan fungsi BBPOM di Palembang dalam pengawasan obat dan makanan yang sudah baik dan melakukan tindakan yang cukup efektif. Harapan khusunya bagaimana masyarakat Sumatera Selatan terlindungi dari produk yang berbahaya. Tidak hanya permasalahan obat sirup yang saat ini sedang ramai, namun juga produk lain seperti makanan yang mengandung formalin atau boraks dan produk kosmetik yang mengandung merkuri. Beliau menyampaikan, dengan semakin berkembangnya zaman maka diperlukan juga pengawasan khusus terhadap rumah kecantikan/salon.

Di akhir acara, diadakan diskusi serta tanya jawab kemudian ditutup dengan dokumentasi dan foto bersama. Serta melakukan dialog santai di Podcast BBPOM Palembang seputar tujuan kunjungan ke BBPOM di Palembang.

 

Balai Besar POM di Palembang