Peningkatan Kompetensi Melalui Pelatihan Kesadaran Mutu dalam Rangka Penerapan QMS
14 Januari 2011 09:00
Berita Aktual

Salah satu misi dari Badan POM RI adalah�Menerapkan Sistem Manajemen Mutu Secara Konsisten�. Untuk mendukung misi ini, Balai Besar POM di Padang telah melakukan pelatihan kesadaran mutu dalam rangka penerapan Quality Management System (Sistem Manajemen Mutu) sesuai dengan ISO 9001:2008.

Pelatihan tersebut dilaksanakan pada tanggal 11 Januari 2011 bertempat di ruang pertemuan Balai Besar POM di Padang dan diikuti oleh seluruh karyawan tanpa kecuali. Hal ini bertujuan untuk membangun pandangan, semangat serta pemahaman yang sama untuk menerapkan sistem manajemen mutu, karena sebuah sistem hanya dapat berjalan bila didukung oleh seluruh orang yang terlibat didalamnya. Tanpa pemahaman yang sama, semangat yang sama dan pandangan yang sama, sistem yang telah dibentuk tersebut tidak akan berjalan dengan sempurna dan tidak akan memberikan perubahan yang berarti pada lembaga yang menerapkannya.

Beberapa poin penting yang disampaikan dalam pelatihan awareness ini definisi mutu, sistem dokumentasi mutu, manfaat penerapan sistem manajemen mutu, tahapan pelaksanaan sistem manajemen mutu, dan budaya mutu yang mencakup faktor-fakto yang menyebabkan kegagalan penerapan sistem manajemen mutu, faktor-faktor keberhasilan serta kesalahan konsepsi dan implementasi.

Setelah dilakukannya pelatihan ini diharapkan seluruh karyawan Balai Besar POM di Padang termotivasi serta paham tentang pentingnya penerapan sistem manajemen mutu pada Balai Besar POM di Padang, yang manfaatnya tidak lain adalah terhadap pelanggan eksternal serta pelanggan internal yaitu karyawan itu sendiri. Mudah-mudahan pelatihan ini menjadi langkah awal sekaligus cambuk terhadap Balai Besar POM di Padang untuk lebih maju.

Balai Besar POM di Padang